Friday, February 5, 2016

7 Hal Yang Perlu kamu Siapkan Untuk Travelling ke Jepang

7 Hal Yang Perlu kamu Siapkan Untuk Travelling ke Jepang

(picture credit to news.okezone.com)

Jepang Mahal?? Jawabanya, ga semahal yang kamu bayangkan kok.
Mendengar  rencana travelling ke Jepang bikin bulu kuduk bergidik, bergidik karena kebayang mahalnya. Begitulah kira - kira yang aku alami dulu dan orang – orang pikir. Tapi aku sendiri bercita – cita bagaimanapun caranya harus mengunjungi Negara cantik ini sebelum umur 30 tahun.
Bepergian ke Jepang bukan tidak mungkin lagi di wujudkan, dengan adanya keringanan bebas Visa dari Indonesia. Bagi yang memiliki jiwa petualang tinggi dan ingin mengeksplore Jepang tanpa menggunakan jasa tour, ini 7 hal yang perlu kamu ketahui  agar perjalananmu nanti lebih seru.




1. Perencanaan Biaya ( Budgeting ) 

Self traveler ke Jepang bukan tidak mungkin, tapi tetap kita membutuhkan perencanaan matang untuk mengunjungi Negara matahari terbit ini agak rencana petualangan berjalanan sesuai harapan. Siapkan perencanaan Biaya untuk dan selama disana. 

Mulai atur budget untuk tiket, ataupun hotel atau penginapan di sana. Jangan lupa masukkan pula budget lebih jika ingin mengunjungi tempat – tempat Iconic Jepang seperti Disneyland dan Disneysea di Tokyo, dan masih ada pula Universal Studio yang terletak di Osaka.Kalau focus travelling kalian lebih ke shopping, maka sediakan poket lebih disini karena Jepang akan membuat anda tergiur membelanjakan setiap sen yang ada.

Bagi yang lebih food traveler, jangan kuatir karena Jepang memang surganya makanan enak dengan harga yang lumayan terjangkau. Harga standart biaya hidup di Jepang adalah 1 juta rupiah per hari (bisa lebih tergantung lifestyle). Prakiraan biaya ini sudah termasuk biaya hotel/ penginapan sehari, makan untuk pagi, siang, malam, transportasi dalam kota, dan beli beberapa snack kecil.

Jadi jika ingin mengunjugi Jepang selama 5 hari kalian membutuhkan minimal 5 juta rupiah di luar biaya atraksi dan pesawat ya.


2. Visa / E-Passpor  

Bikin Visa juga ga sesusah yang di bayangkan kok, untuk bisa dapat Visa ke Jepang tidak harus kamu punya uang 100 juta di tabungan, juga tidak perlu pernah mengunjungi Negara besar seperti Amerika atau Eropa. Cukup Siapkan Tiket Pulang – Pergi, Print out konfirmasi Booking Hotel / penginapan,initiary yang jelas juga masuk akal.

Jangan membuat initiary yang terlalu berlebihan tetapi tidak sesuai pada keadaan kita, umumnya mereka akan memastikan apakah lampiran tabungan 3 bulan terakhir kita mencukupi biaya perjalanan kita selama di Jepang. Jadi mereka memastikan tidak ada turis yang terlantar karena kekurangan uang di Negara mereka.

Ini perlu Juga di catat ya, di Kedubes Jepang tidak meminta minimal tabungan 50 juta atau 100 juta per orang, hanya lampiran rekening tabungan 3 bulan terakhir dan akan di compare apakah sesuai untuk membiayai rencana perjalanan yang kamu susun.  Akan lebih mudah di pahami jika mengurus Visa sendiri tanpa melalui perantara.

3. Tiket  Pesawat


Harga tiket pesawat ke Jepang sangat beragam, mulai dari pesawat low cost carrier sampai dengan full service seperti Garuda ataupun ANA dan JAL

Jika ingin menghemat biaya anda dapat mengambil  penerbangan Air Asia, tapi tidak ada salahnya juga mengecek perusahaan airlines pada saat mereka melakukan sale karena harga yang di tawarkan terkadang tidak jauh berbeda dengan pesawat low cost carrier.

Namun perlu di catat jika kamu terbang dari Surabaya, tidak ada penerbangan langsung menuju Jepang, smua akan transit di satu kota selama beberapa jam. contoh : JAL dari surabaya harus ke Bali terlebih dahulu.

Biaya Tiket Air Asia Promo untuk sakura season : IDR 7 s/d 8 jt per orang PP
                                                       Spring Non sakura   : IDR 5.5 jt per orang PP
                                                       Low season autum  : IDR 4,5 jt per orang PP

(Harga bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung dengan penawaran perusahaan)

Biaya Tiket Garuda untuk sakura season                : IDR 7jt  sekali jalan 

4. Hotel / Penginapan di Jepang


Untuk Biaya Hotel atau penginapan di Jepang, umumnya Jepang memiliki Standard 1 juta ke atas untuk hotel, namun juga masih memungkinkan mencari Hotel di bawah 1 juta per malam di Jepang, seperti hotel budget , hotel capsul sampai penginapan yang berbentuk dorm.

Umumnya penginapan di jepang di hitung per kepala, jadi perhatikan benar – benar akomodasi yang di sediakan ya. Karena tidak semua hotel selalu menyediakan akomodasi untuk dua orang dalam satu kamar.

 5. Transportasi di Jepang 

JR PASS / JAPAN RAIL PASS : Ini merupakan semacam previllege khusus bagi turis non jepang, karena untuk membeli JR PASS hanya dapat di lakukan ketika kita berada di luar jepang.
Dengan membeli JR PASS kita dapat menggunakan JR LINE (tidak termasuk rute subway) dan juga termasuk penggunaan Shinkasen ke luar kota. (kereta shinkansen tertentu) 

JR PASS terdapat untuk 7, 14, dan 21 hari penggunaan 
Harga untuk JR PASS mulai dari IDR 3.260.000,- untuk satu orang dewasa 
(harga di kutip berdasarkan H.I.S travel indonesia ;  4 february 2016)

Subway : Transportasi umum yang digunakan sehari – hari bagi warga Jepang, selain harganya yang murah dan menjangkau hampir semua tempat.

 
6. Atraksi / Tempat yang akan di kunjungi 

Susun daftar untuk lokasi mana saja yang rencananya akan di kunjungi, dan catatlah biaya masuknya bila ada untuk memudahkan.

Perhatikan lokasi dan jarak tempuh yang akan di tuju agar tidak berputar – putar dan menghabiskan banyak waktu. Bila memungkinkan susunlah tempat yang berdekatan untuk 1 hari kunjungan.

7. Makanan

Untuk makanan harganya cukup variatif di Jepang, walaupun desas desus makanan di Jepang harganya cukup mahal sekitar 1000 yen (IDR 100.000,-) per portion, tapi tidak semuanya mahal kok, seperti makanan siap saji Yoshinoya , Sukiya, juga ramen ^^

Menemukan ramen cuman seharga 700 yen (IDR 70.000,-) semangkuk besar di shibuya. Dan juga di dekat stasiun / subway yang besar juga terkadang kita akan menemukan tempat orang berjualan makanan dengan harga terjangkau (tidak lebih dari 50.000 per porsi)


Jadi dengan 15 juta sudah bisa travelling ke Jepang selama 10 hari, masih berpikir Jepang itu mahal? 


 




lotsa love, Margy







No comments:

Post a Comment